TUGAS KELOMPOK KE - 3
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Dosen
Pembimbing:
Bapak. Abdul Haris Lubis, ST, M. Kom
Bapak. Abdul Haris Lubis, ST, M. Kom
Disusun
Oleh :
1.
Tia
Armaya 1314370001
2.
Sri
Wahyuni 1314370037
3.
Rafiah
Yusuf 1314370121
4.
Marintan
Agustina 1314370343
UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN
T.A 2015 / 2016
T.A 2015 / 2016
1. Analisa
3 contoh benda di sekitar kita yang :
a. Didesain
sesuai aturan
b. Didesain
kurang sesuai aturan
Dengan
prinsip-prinsip IMK dan Ergonomics ( khususnya yang didasarkan pada human
capabilities interface/HCI dan computer architecture & interaksinya.
Jawab :
a. Didesain
sesuai aturan
Kursi Kerja
Untuk
kenyamanan kerja, maka kursi yang sesuai adalah sebagai berikut:
·
Tingginya
harus mampu menyediakan ruang yang cukup di bawah meja dan sudut antara siku
dengan tangan tidak kurang dari 90o.
·
Mempunyai
penyokong punggung yang dapat disesuaikan untuk memperoleh posisi
yang sebernarnya.
yang sebernarnya.
·
Ketinggian
kursi dapat disesuaikan ketika pengguna berada dalam kondisi duduk.
·
Disokong
oleh lima kaki, dapat dipindahkan dengan mudah.
·
Memiliki
bentuk yang dapat mendistribusikan berat badan.
·
Mempunyai
penyokong lengan tangan yang dapat diatur lebar dan ketinggiannya.
·
Bila
perlu dilengkapi dengan pijakan kaki yang dapat diatur kemiringan antara 10-20o
dari depan ke belakang dan memiliki ketinggian yang cukup bagi kaki pengguna
yang tidak menyentuh lantai.
Meja Komputer
Meja komputer yang baik untuk kerja harus memenuhi syarat-syarat sebagai
berikut:
·
Memiliki
ruang yang cukup untuk lengan tangan sehingga tangan dapat bekerja
dengan leluasa.
dengan leluasa.
·
Memiliki
ketinggian yang sesuai sehingga keyboard dan mouse dapat diletakkan
dengan posisi yang sejajar dengan siku tangan serta monitor dapat diletakkan sejajar
dengan mata.
dengan posisi yang sejajar dengan siku tangan serta monitor dapat diletakkan sejajar
dengan mata.
·
Memiliki
ukuran yang cukup untuk meletakkan komputer dan dokumen.
Rak Buku
Rak buku yang baik untuk digunakan harus memenuhi
syarat-syarat sbb :
·
Memiliki
ruang yang cukup untuk semua ukuran buku.
·
Memiliki
penopang yang kuat untuk buku
b. Didesain
kurang sesuai aturan
Laptop
Laptop ialah salah satu benda yang desainnya tidak
sesuai aturan dan prinsip imk, ergonomics dikarenakan sebagai berikut :
·
Laptop
yang monitor nya berukuran kecil dapat merusak kesehatan mata. Maka bila ingin
membeli laptop pilihlah yang sesuai kebutuhan.
·
Laptop
yang mudah dibawa kemana saja dan mudah ditaruh dimana saja dalam penggunaan
nya juga dapat mengganggu kesehatan tulang bila diletakkan tidak sejajar dengan
mata, karna digunakan dengan kepala menghadap bawah (membungkuk).
·
Letak
tombol-tombol keyboard pada laptop masih sedikit membingungkan.
Monitor
Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam memilih atau
menggunakan monitor untuk menekan resiko terhadap kesehatan adalah:
·
Pilih
ukuran monitor yang sesuai (tidak terlalu kecil atau besar).
·
Pilih
jenis monitor dengan radiasi yang kecil misalnya LCD.
·
Letakkan
monitor di depan mata dengan bagian atas monitor tepat sebatas dengan
mata.
mata.
·
Hindari
penggunaan kaca mata bifocal.
Printer
Printer juga salah satu benta yang termasuk desainnya tidak sesuai prinsip-prinsip
imk, ergonomics karna :
·
Jenis
printer yang memakai selang pada inkjet terkadang tidak bisa mencetak karna
tinta tidak sampai.
·
Jenis
printer yang inkjetnya berada di dalam terkadang juga tidak bisa mencetak bila
tidak sering digunakan.
2. Cari
dan sebutkan 3 contoh teknologi masa depan IMK dan jelaskan teknologi tersebut
(makin detail makin baik).Bisa jadi masih bentuk konsep atau sedang dalam
penelitian
(
misal dari publikasi /jurnal atau mungkin video atau film fiksi ilmiah). Contoh
dapat diambil dari berbagai media atau domain.
Jawab :
·
Main
game dengan control gerakan mata
Dengan teknologi eye-tracking main game
dengan kontrol gerakan mata sudah bisa dilakukan sekarang. Tobii , perusahaan
yang mengembangkan teknologi ini telah meyatakan bahwa teknologi ini lebih
responsive dan bisa di gunakan banyak perangkat
seperti laptop , handphone dan perangkat game.
Tobii
memanfaatkan dua proyektor infrared untuk menerangi pupil mata user serta dua
kamera kecil untuk merekam gerakan mata. Data ini selanjutnya diteruskan ke prosesor komputer,
mengeluarkan data berupa posisi mata, ukuran pupil dan tatapan si pengguna yang
kemudian diterjemahkan sebagai kontrol gerakan.
Dengan
interaksi manusia dan computer dengan cara ini mungkin lebih memberikan sebuah
pengalaman baru bagi user dan sebuah tantangan sendiri dalam mengontrol mata
untuk memainkan sebuah game.
·
Rolltop
(rollen laptop / laptop gulung)
Ini adalah sebuah konsep
laptop portable yang di impikan oleh semua manusia. Dengan bentuk yang elegan
dan fungsi yang tidak kalah dengan laptop konvensional secara umumnya. Ini
merupakan salah satu bentuk kreativitas dalam interaksi manusia dan computer
yang diinginkan di masa depan.
Dengan teknologi yang
canggih roll top ini mengunakan layar yang bisa di gulung layaknya sebuah
kertas. Seperti laptop umumnya , rolltop juga dilengkapi dengan
loudspeaker,webcam,USB port dan lain lain.
·
Layar
sentuh (glass touchscreen interfaces)
Di
zaman sekarang layar sentuh sudah biasa di gunakan di smartphone, tablet pc dan
lain lain. Tetapi masa depan layar sentuh akan menjadi luas lagi seperti konsep
dari corning (perusahaan layar sentuh) yang akan menggunakan aktivitas
sehari-hari menggunakan layar sentuh ini . seperti di sekolah, dirumah, rumah
sakit dll.
Layar sentuh masa depan ini di gunakan dalam aktivitas
seperti menelepon dari ponsel tipis kaca, mengatur suhu mobil menggunakan
komputer yang berlayar datar super tipis dari kaca, atau membaca majalah digital melalui tablet kaca.
3. Coba
anda analisis satu alamat website yang menurut anda masih banyak memiliki
“Gulf” kemudian anda jelaskan “ Gulf “ dan bagaimana solusi yang baik menurut
anda agar proses interaksi antara system dengan user dapat berjalan baik
Jawab :
Gulf
Merupakaan
struktur yang digunakan untuk mengkonsep kualisasi suatu system kerangka kerja
yang dapat digunakan untuk memahami cara manusia berinteraksi dengan computer :
·
untuk menyusun proses kerangka
·
untuk mengidentifikasi bagian rancangan yang bermasalah
Dapat mengkonseptulisasikan
ruang persoalan secara menyeluruh agar interaksi antar manusia dengan system bisa
berjalan dengan baik
Contoh website yang menggunakan Gulf
http:// www.gulfoll.com
http:// www.gulfall.com
http:// www.gulfoilltd.com
http:// www.gulfollcorp.com
Solusinya
interaksi manusia dengan user adalah dikarenakan manusia jarang sekali
menyadari proses interaksi dengan computer.manusia baru menyadari proses
interaksi tersebut saat menemukan solusi pemecahannya,biasanya manusia
menyalahkan antar muka yang kurang inovatif,kurang menarik,dan kurang komunikatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar