TUGAS KELOMPOK KE - 4
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
“Konsep IMK Menggunakan Tools
Mind Map”
Dosen Pembimbing:
Bapak. Abdul Haris Lubis, ST, M. Kom
Bapak. Abdul Haris Lubis, ST, M. Kom
Disusun Oleh :
1. Tia
Armaya 1314370001
2. Sri
Wahyuni 1314370037
3. Rafiah Yusuf 1314370121
4. Marintan
Agustina 1314370343
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN
T.A 2015 / 2016
T.A 2015 / 2016
Penjelasan
:
KONSEP
DASAR IMK
Pengenalan IMK
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna
(user interface),
yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti
dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan
dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai
muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini
mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka
secara fisik.
Definisi IMK
Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana
melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain,
evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan
manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri
Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam
lingkungan kerjanya
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang
berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer
interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di
sekitarnya.
HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat
berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
APLIKASI
IMK
Perkantoran
Kendali proses
Penerbangan
Komunikasi
Desain pekerjaan
Pelatihan/seleksi
Sejarah IMK
- Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
- komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
- Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
TUJUAN IMK
Membuat
sistem yang lebih dapat:
1.
Berguna (usable)
2.
Fungsional.
3.
Aman
4.
Produktif.
5.
Efektif
6. Efisien.
ELEMEN
UTAMA IMK
Manusia
Interaksi
Komputer
Aktiftas
Lingkungan
kerja
Pengertian
IMK
Pengertian Interaksi Manusia Komputer Terlengkap
– Interaksi manusia dan komputer ialah disiplin ilmu yang mempelajari suatu
hubungan antara manusia serta komputer yang meliputi perancangan, evaluasi,
serta implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh
manusia.
Sedangkan interaksi manusia dan komputer itu
sendiri ialah serangkaian proses, dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh
manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk dapat
melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.
Interaksi manusia serta komputer ialah suatu ilmu
yang sangat berkaitan dengan disain implementasi serta evaluasi dari sistem
komputasi iyang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi
tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu ataupun lebih manusia serta
satu atau lebih komputasi mesin.
Interaksi Manusia dan Komputer: Bidang-bidang Terkait
Masalah yang utama pada interaksi manusia
dan komputer, dan suatu perbedaan khusus dibandingkan dengan area mata
kuliah lain, hanya memerlukan sedikit pengetahuan dari mata kuliah lain.
Meskipun, diakui seorang ahli pada suatu bidang, secara umum hanya ahli dalam
suatu domain masalah yang terbatas. Cakupan bahasan ini, secara substansi lebih
luas dari pengetahuan setiap kontributor individu. Bidang utama yang relevan
dengan studi interaksi manusia komputer dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Teknik Elektronika; ilmu komputer
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja
untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer,
khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai
Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia-komputer.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan
dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian
mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan
pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna
manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi
formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem
manusia-komputer.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik
dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara
manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer secara definisi
melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu
merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis
menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah
pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia
Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu
komputer dan teknik elektronika.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan
dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan
dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini
dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi
dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan
tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem
manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull.
Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang
tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan
mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup
tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan
sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia. Suatu alternatif yang
lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman
menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan
dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari
ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang
secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian
dari sistem proses desain secara menyeluruh.
Perancangan
IMK Membutuhkan Pengetahuan Tentang :
1. Tujuan
Manusia
2. Kemampuan
dan keterbatasan manusia
3. Kemampuan
dan keterbatasan komputer
4. Pekerjaan
5. Aspek
sosial
6. Aspek
Organisasi
7. Lingkungan
kerja
8. Interaksi
diantara element – element tersebut
9.
Manfaat
IMK
1.
Useful (berguna)
dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan
dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan
2.
Usable (dapat digunakan)
dapat dikerjakan dengan mudah & alamiah tanpa ada bahaya kesalahan
dapat dikerjakan dengan mudah & alamiah tanpa ada bahaya kesalahan
3.
Used (digunakan)
dapat membuat orang yang menggunakan menarik, meyenangkan.
dapat membuat orang yang menggunakan menarik, meyenangkan.
4.
Usability (membuat kriteria kualitas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar